Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Meningkatkan keimanan, melatih spiritual, dan menjalankan perintah Tuhan adalah beberapa alasan seseorang untuk berpuasa. Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu umat Muslim karena merupakan bulan yang membawa banyak berkah dan manfaat.

Tapi selain itu, kamu udah tahu belum?  Banyak sekali manfaat puasa untuk tubuh kita. Dan ternyata selain merupakan kegiatan untuk beribadah, puasa juga dapat membantu meningkatkan kesehatan. Penjelasannya dibawah ini! 





1. Perbaikan Gula Darah

Puasa sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat membantu untuk mengurangi resistensi insulin dan kelebihan gula darah. Hal ini bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol gula darah dalam tubuh dengan membawa gula ke dalam sel tubuh dan mengubahnya menjadi sumber energi. 


2. Menurunkan Kolesterol 

Manfaat puasa juga bisa tercermin dari kadar kolesterol tubuh kita. Hal tersebut dikarenakan puasa dapat menurunkan kolesterol jahat LDL (LowDensity Lipoprotein). Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir kolesterol akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung.


3. Mengurangi lemak tubuh

Ada kalanya Dokter menyarankan kita untuk mengurangi lemak dalam tubuh atau menurunkan berat badan untuk mengurangi risiko kondisi tertentu, seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung. Jika kamu mengurangi lemak karena alasan kesehatan, puasa dapat membantu mengurangi asupan kalori dan merangsang tubuh kamu untuk membakar kelebihan lemak. 


4. Membantu Untuk Berhenti Merokok

Begitu banyak perbedaan pendapat tentang apakah merokok dapat membatalkan puasa atau tidak. Namun, puasa bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi kebiasaan merokok bahkan berhenti merokok sama sekali. Selain menambah pengalaman berpuasa, kamu juga bisa terhindar dari risiko penyakit seperti kanker dan paru-paru. 


5. Mengurangi Peradangan

Ketika sistem kekebalan melawan infeksi, peradangan terjadi secara alami di dalam tubuh. Namun, peradangan tidak hanya menyebabkan rasa tidak enak, tetapi juga penyakit lain seperti diabetes atau penyakit jantung. Dan hebatnya, puasa juga bisa mengurangi peradangan pada tubuh kita.

6. Otak Jadi Lebih Sehat

Puasa dapat meningkatkan kesehatan otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan daya ingat. Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan belajar.  

7. Mengembangkan Empati

Puasa dapat membantu mengembangkan empati karena orang yang berpuasa dapat merasakan bagaimana rasanya lapar dan haus, seperti halnya orang yang kurang beruntung di sekitar mereka. Hal ini membuat orang tersebut akan lebih peka terhadap keadaan orang lain yang membutuhkan pertolongan dan dapat mengembangkan empati. 

8. Menjaga Kesehatan Mental

Selain manfaat-manfaat di atas, puasa juga membantu menjaga kesehatan mental karena dapat mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu, puasa dapat membantu meningkatkan ketenangan dan membuat seseorang lebih fokus pada hal-hal positif. Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition menemukan bahwa puasa intermiten (dilakukan dengan rencana makan tertentu) dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi pada orang yang kelebihan berat badan. 

Itulah beberapa manfaat puasa yang bisa kita rasakan. Selain itu, sebelum melanjutkan puasa, akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter agar kamu bisa berpuasa dengan aman dan tenang sesuai dengan kondisi kesehatan kamu. Karena pada kondisi kesehatan tertentu, seseorang bisa saja tidak direkomendasikan untuk berpuasa sebelum kondisinya mendukung. Pada dasarnya, ibadah puasa dan kehidupan secara keseluruhan akan lebih baik bila disertai dengan sikap yang bijaksana. Ini juga termasuk meningkatkan perlindungan kesehatan. Tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan kesehatan keluarga kita juga perlu diperhatikan. Selalu berpikir positif dan menciptakan suasana yang menyenangkan untuk lingkungan sekitar akan mengatarkan kita ke kehidupan yang damai.

Komentar

Postingan Populer